Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

Manfaat Akar Mengkudu Untuk Kesehatan akhirnya terungkap


Tanaman Mengkudu dengan nama latin Morinda Citrifolia adalah tanaman yang cukup populer di dunia kesehatan. Di Indonesia sebutan untuk tanaman ini bermacam-macam, ada yang menyebutnya; Pace/kemudu/kudu/bentis(jawa), keumeudee(aceh), Cangkudu(sunda), kodhuk(madura), tibah(bali) dan banyak lagi yang lainnya. Beragam manfaat dapat diperoleh dari tanaman ini mulai dari buah, batang dan daunnya. Di daerah tertentu daun mengkudu ini digunakan sebagai sayuran, Buahnya biasa digunakan sebagai jus atau rujak. 
  
Namun baru-baru ini sebuah penelitian menemukan bahwa akar dari Mengkudu ini juga mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia. Beragam kandungan senyawa terdapat dalam tanaman ini seperti; xerononine, alizarin, sterois, caprylic, arginine, lycine sosium, anthraquinone, proxeronine, magnesium, phenylalanine, trace elements.

Akar Mengkudu sangat bermanfaat mengobati, sakit pinggang, nyeri lutut, sering buang air kecil,(inkontenensia) sesak napas, batuk kronis, luka yang tidak kunjung jering, infertilitas, demam, impotensi, masalah menstruasi, dan lain-lain.

Cara pembuatan; 
keringkan 5-10 gr akar Mengkudu. setelah itu rebus kurang lebih 20 menit. Biarkan dingan, lalu minum air rebusan akar mengkudu tersebut secara rutin. 

3 Responses to "Manfaat Akar Mengkudu Untuk Kesehatan akhirnya terungkap"

  1. Boleh nggak Akar mengkudu yang belum kering atau yang baru di ambil, , ,atau harus yg kering ? mohon penjelasan

    BalasHapus
  2. Maksudnya 5-10 gr itu apa? N satu kali rebus aj atau boleh berulang kali?

    BalasHapus
  3. Apakah bisa mengobati asam urat dan rematik, mohon jawabannya.makasi

    BalasHapus