Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

Khasiat dan Manfaat Bunga Kamboja

Pohon kamboja mempunyai bunga yang indah dan cantik, ada berbagai macam warnanya, putih, merah, pink dan lain-lain. Umumnya kita mengenal kamboja sebagai tanaman hias atau sebagai tanaman di pemakaman serta untuk sarana upacara keagamaan. Ada manfaat lain dari tanaman kamboja selain yang tersebut di atas, khusunya sebagi obat penyakit tertentu misalnya:
image:pixabay


1. Antibiotik
Bunga kamboja memiliki sejumlah senyawa diantaranya, triterprenoid amirin, lupeol, fulvoplumierin. Zat-zat ini bersifat antipiretik(pereda demam) dan analgesik(penghilang nyeri), sehingga berguna untuk menghilangkan nyeri haid dan juga mencegah lelah atau pingsan karena kepanasan.

2. Mengatasi Sakit Gigi
Ambilah beberapa tetes getah dari bunga kamboja dengan kapas, kemudian tempelkan pada area yang terkena sakit gigi atau gigi berlubang.Lakukan ini 1 atau 2 kali sehari dan rasakan sakit pada gigi anda akan berkurang, treatment ini hanya bersifat meredakan sakit tidak menyembuhkannya.

3. Mengobati Bengkak
Ambil kulit pohon kamboja secukupnya dan rebus hingga mendidih, setelah itu gunakanlah air rebusan kulit pohon kamboja untuk mengompres bengkak anda.

4. Menyembuhkan Bisul
Siapkan bunga kamboja dan minyak zaitun. Pertama-tama, panaskan bunga kamboja di atas api hingga layu, kemudian campurka dengan minyak zaitun, setelah itu oleskan pada bisul anda. 

5. Mengobati Gonore(kencing nanah)
Ambilah 1 akar pohon kamboja dan bersihkan, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah itu minum air, lakukan setiap1 hari sekali.

6. Mengobati Patek/Puru/Frambosia
Ambilah beberapa potong kulit kamboja dan haluskan. Setelah itu rebuslah hingga mendidih dan campurkan air rebusannya untuk mandi anda, atau juga bisa menggosokkan pada kulit yang terjangkiti.  

7. Sebagai minyak atsiri
Minyak yang digunakan untuk campuran pengobatan atau pelengkap upacara keagamaan.

Demikian beberapa manfaat dari Kamboja, bila pembaca mempunyai manfaat lain silahkan ditambahkan di kolom komentar...kritik dan saran selalu kami tunggu demi kemajuan blog sederhana ini..trima kasih

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Bunga Kamboja"