Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

38 Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi untuk Kulit, Rambut dan Pengobatan

Daun Kemangi adalah tanaman yang berasal dari India dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Tanaman ini kita ketahui, biasanya digunakan sebagai penyedap dalam berbagai masakan, terutama di Indonesia, Thailand, Vietnam dan negara-negara asia tenggara lainnya. Aromanya yang kuat dan tajam, serta rasanya yang sedap menjadi alasan banyak orang menggemari daun kemangi.
image:pixabay            Ocimum citriodorum
Daun Kemangi  Adalah Salah Satu Obat Herbal Terbaik Di dunia
Banyak penelitian mengenai kandungan yang terdapat dalam daun kemangi, seperti; vitamin A, C, K, kalsium, magnesium, folat, tembaga, asam lemak omega 3, mangan, zat besi, dan lain-lain. Zat-zat tersebut adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar tubuh kita sehat dan terhindar dari penyakit. Selain itu berbagai kandungan yang terdapat dalam kemangi juga bermanfaat untuk kecantikan terutama, untuk rambut dan kulit kita.

1. Bersifat Anti-Bakteri
Mengonsumsi daun kemangi setiap hari akan meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan pertumbuhan bakteri yang merugikan dalam tubuh.

2. Menurunkan demam
Rebuslah beberapa lembar daun kemangi laluminum airnya, atau bisa juga ditambahkan sedikit bubuk kapulaga dan susu untuk kasus yang agak berat.

3. Mengobati batuk dan gangguan pernapasan
Kunyahlah beberapa lembar daun kemangi untuk menyembuhkan batuk dan flu anda. Atau bisa juga bisa merebus daunnya ditambah dengan madu, cengkeh, jahe dan sedikit garam untuk hasil yang optimal. termasuk mengatasi bronkitis, demam, dan influenza.

4. Bersifat antiseptik
Daun kemangi memiliki sifat anti septik sehingga mampu menyembuhkan penyakit, bisul,luka,campak dan cacar. Campurkan kemangi yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak kelapa lalu tempelkan pada luka, hal ini akan meringankan luka anda. Bisa juga cukup mengunyahnya, kemudian tempelkan pada area yang terkena penyakit. Hal ini akan menyerap racub atau bakteri yang ada pada luka anda.

5. Mengobati sakit tenggorokan
Rebus beberapa lembar daun kemangi kemudian gunakan air untuk berkumur, hal ini akan meredakan sakit tenggorokan anda.

6. Menghilangkan batu ginjal
Rebus beberapa lembar daun kemangi dengan ditambahkan madu secukupnya, kemudian minum secara rutin. Daun kemangi akan menjadi alat detoksifikasi yang akan mengurangi kadar asam urat yang menjadi penyebab dari timbulnya batu ginjal.

7. Mencegah penyakit jantung
Daun kemangi sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya penyakit jantung dan penyakit-penyakit lainnya yang menyertainya. Selain itu juga akan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kemangi mengandung vitamin C yang berperan sebagai anyi oksidan yang akan melindungi detak jantung dari efek radikal bebas. Serta dapat menurunkan tekanan darah yang menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung.

8. Bermanfaat untuk anak-anak
Jika anak anda menderita diare, demam dan muntah-muntah sebaiknya berilah jus kemangi. Selain itu juga dapat mempercepat pertumbuhan gigi bayi. Caranya, cukup memijat-mijat bagian gusi bayi dengan daun kemangi halus yang dicampur dengan madu. Serta dapat juga mengobati cacingan dan sakit tenggorokan.

9. Obat Diabetes
Daun kemangi adalah salah satu dari beberapa obat herbal yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Mengonsumsi daun kemangi secara rutin akan membantu menurunkan kadar gula darah anda.

10. Mengatasi masalah perut
Beberapa masalah perut seperti kembung, sembelit dan asam lambung naik dapat di atasi dengan daun kemangi. Daun kemangi akan mengatasi penyakit perut anda dan membuat anda merasa nyaman. Selain itu juga dapat meningkatkan nafsu makan dan mencegah muntah-muntah.

11. Membantu menurunkan berat badan
Daun kemangi yang dicampurkan dengan yoghurt atau dadiak(yoghurt susu kerbau) akan membantu mengurangi berat badan anda, menghilangkan kemalasan, mengembalikanenergi serta memfasilitasi pembentukan sel-sel darah baru.

12. Mengobati sakit mata
Jus daun kemangi sangat efektif untuk mengobati sakit mata, rabun senja, katarak dan glaukoma yang disebabkan kekurangan vitamin A. Teteskan dua tetes jus daun kemangi pada mata anda dan rasakan manfaatnya, mata anda akan terbebas dari penyakit.

13. Mencegah dan mengobati kanker
Daun kemangi bersifat anti-karsiogenik yang mampu mengobati beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan mulut, namun demiukian penggunaannya harus di campurkan dengan bahan lain dan melalui petunjuk dokter.

14. Menyehatkan gusi
Daun kemangi dapat menyehatkan gusi dan gigi. gunakan daun kemangi atau kemangi kering untuk menyikat gigi anda. daun kemangi akan memelihara kesehatan gusi serta menangkal berbagai penyakit yang akan menyerang termasuk peradangan.

15. Menyegarkan mulut
Daun kemangi dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi atau permen. Kunyahlah daun kemangi untuk meyegarkan bau mulut anda.

16.  Membantu untuk berhenti merokok
Kunyahlah daun kemangi untuk menghentikan kecanduan anda terhadap rokok. Daun kemangi akan berfungsi sebagai pendingin pada tenggorokan serta kandungan antioksidannya akan memperbaiki kondisi tenggorokan anda.

17. Obat sakit kepala
Daun kemangi adalah obat yang handal untuk sakit kepala. Masukan 1 atau 2 sendok makan daun kemangi kering pada air panas, tunggu sebentar. Setelah itu hiruplah uap dari air yang telah bercampur dengan daun kemangi tersebut selama 5-10 menit. Jangan lupa gunakan handuk untuk menutupi kepala anda selama menghirupnya.

18. Pereda Stress
Antioksidan dalam daun kemangi akan membantu menyeimbangkan proses yang kurang baik pada tubuh kita. Mengonsumsi ekstrak daun kemangi setiap hari akan meredakan stress dan memperlancar kerja sistem saraf.

19. Menyembuhkan Gigitan serangga
Oleskan ramuan daun kemangi pada bekas gigitan serangga, dalam beberapa jam kan segera sembuh. selain itu bisa juga untuk luka karena terkena lintah dan kalajengking hancurkan beberapa lembar daun kemangi dicampur dengan sedikit air lemon akan bekerja lebih maksimal.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kulit
Daun kemangi memiliki  kualitas antiseptik yang baik sehingga sangat handal untuk menjaga dan mencegah berbagai gangguan pada kulit.

20. Menyenbuhkan Jerawat
Daun kemangi mencegah terjadinya jerawat yang pecah dikarenakan kemampuannya membersihkan darah dan membuang racun. Karena daun kemangi bersifat anti-bakteri dan anti-racun.Gunakan campuran daun kemangi dan minyak cendana untuk juga mengobati peradangan.   

21. Menghilangkan bekas luka dan flek hitam
Manfaat lain dari daun kemangi adalah menghilangkan bekas luka dan tanda hitam pada kulit sehingga akan mencerahkan kulit anda.

22. Mencerahkan kulit wajah
Menggosokkan kulit wajah anda dengan daun kemangi akan membuat kulit anda tampil lebih cerah dan segar. Selain itu juga akan membuat kulit anda kelihatan muda dan terjaga.

23. Mencegah komedo
Daun kemangi mencegah munculnya komedo. Basahi sisi dalam beberapa daun kemangi kemudian tempelkan pada setiap sisi hidung anda, biarkan kurang lebih selama 5 menit. Kemudian cuci wajah anda dengan air. 

24. Membuat wajah bercahaya
Menggosokkkan daun kemangi ke wajah akan mencerahkan dan menghilangkan bintik-bintik gelap pada wajah.

25. Mencegah peradangan
Daun kemangi bersifat anti-jamur dan anti-bakteri, ramuan daun kemang dan bubuk cendana serta air mawar jika di basuhkan pada wajah secara rutin, akan membantu mencegah peradangan.

26. Mengobati infeksi kulit dan kurap
Karena bersifat anti bakteri, anti biotik dan anti jamur sehingga daun kemangi akan membatasi pertumbuhan bakteri seperti E coli dan B antrhacis yang menyebabkan infeksi kulit. Buatlah ramuan yang terdiri dari beberapa lembar daun kemangi, minyak wijen dan air jeruk nipis dan oleskan pada kulit yang terkena penyakit.

27. Membuat kulit tampak muda dan segar
Selain untuk pengobatan daun kemangi juga berfungsi sebagai pelembab kulit yang baik.

28. Merekatkan pori-pori kulit
Campurkan 1 butir putih telur dan daun kemangi yang telah dihaluskan, kemudian oleskan pada wajah, terutama pada daerah yang terinfeksi. Biarkan kuranglebih selama 20 menit, kemudian basuh sampai bersih. 

29. Meredakan iritasi kulit
Gunakan daun kemangi untuk menghilangkan iritasi karena rambut yang tercabut.

30. Menyembuhkan luka biasa maupun luka bakar
Campurkan daun kemangi dan sedikit minyak kelapa, lalu oleskan pada daerah luka.

31. Menyembuhkan vitiligo
Penyakit ini ditandai dengan bercak putih pda kulit, gunakan secara rutin ramuan daun kemangi untuk mengatasinya.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Rambut

Berbagai penyebab yang menjadikan rambut anda menjadi kering dan rusak, diantaranya karena faktor  polusi udara, bakteri dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya biasanya menggunakan obat-obatan  produksi pabrik yang sarat dengan bahan kimia tertentu. Daun kemangi bisa mengatasi itu semua dengan tanpa efek samping terhadap rambut karena sangat alami.

32. Mencegah rambut rontok
Campurkan sari daun kemangi pada minyak rambut anda, sehingga akan membuat kulit kepala anda terasa dingin, mengurangi rasa gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut anda. selain itu juga akan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala anda.

33. Menghilangkan ketombe dan melembabkan kulit kepala
Campurkan sari ataudaun kemangi halus dengan minyak kelapa, kemudian oleskan pada kulit kepala dengan memijat-mijat. Setelah itu diamkan beberapa saat kemudian keramaslah hingga bersih.

34. Memperkuat rambut rapuh
Jika anda menderita rambut rapuh atau menipis, maka gunakan daun kemangi yang efektif memperkuat batang rambut anda.

35. Meningkatkan kekebalan
Daun kemangi bersifat anti-oksidan, adaptogen, dan penguat imunitas. Gunakan ramuan daun kemangi untuk membuat kulit kepala, lembab dan sehat.

36. Mencegah Uban
Keramaslah dengan daun kemangi dicampur dengan bubuk buah mlaka/amla yang telah direndam semalaman, rambut anda akan terbebas dari uban dan rontok.

37. Meremajakan akar rambut
Daun kemangi membantu meremajakan dan memproduksi rambut sehat serta merangsang akar rambut yang baik.

38. Mencegah kerusakan akibat radiasi
Daun kemangi memiliki sifat antioksidan. Daun ini mengandung flavonoid, orientin, dan vicenin yang melindungi kromosom dan struktur sel dari oksidasi, sehingga mencegah penuaan sel dan kematian serta memberikan perlindungan dari kerusakan akibat radiasi.

Demikian manfaat dan khasiat daun kemangi untuk kesehatan kulit, rambut dan pengobatan. Selain itu peneliti menemukan bahwa ternyata tanaman kemangi juga sangat bermanfaat bagi lingkungan, karena kemangi memberikan oksigen selama 20 jam dan ozon selama 4 jam, bersamaan dengan itu juga  menyerap gas berbahaya seperti karbondioksida, karbonmonoksida dan sulfurdioksida dari lingkungan.
sumber:http://www.stylecraze.com
             http://allremedies.com

0 Response to "38 Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi untuk Kulit, Rambut dan Pengobatan"