Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

Berbagai Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan dan Kebugaran

Tanaman Ciplukan atau Physiallis Angulata berasal daerah amerika selatan yang kemudian menyebar keseluruh dunia dengan berbagai cara. Di Indonesia tanaman ini sering tumbuh di ladang atau sawah ketika musim hujan datang. Orang mengonsumsi buah ini yang memang karena rasanya yang masam-masam manis seperti tomat.Terlepas dari itu ternyata tanaman ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin seperti, vitamin A, B1, B3, C, Karbohidrat, Zat Besi, dan lain-lain yang bermanfaat untuk tubuh.
image;pixabay

Berikut beberapa manfaat ciplukan untuk kesehatan;  

1. Sebagai Antioksidan
Ciplukan banyak digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis, malaria, kanker, rematik, dermatitis dan asma. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa etanol yang diperoleh dari ekstrak ciplukan adalah sumber antioksidan  dan yang baik dan tinggi.

2. Melindungi hati dan ginjal dari fibrosis(pembentukan jaringan)
Penelitian menunjukkan bahwa kandungan senyawa seperti, alkaloid, withanolides dan alkaloid akan membantu melindungi hati dan ginjal dari fibrosis.

3. Menjaga kehamilan
Selain dari kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran, zat besi juga dapat di peroleh dengan mengonsumsi ciplukan. Kandungan zat besi dalam ciplukan akan memberikan dorongan dan kekuatan harian anda. Selain itu juga akan melindungi kehamilan dari berbagai gangguan.

4.  Mencegah penyakit pensendian
Kandungan vitamin B3(niacin) berperan membantu meningkatkan aliran darah ke bagian-bagian tertentu dari tubuh, sehingga dimungkinkan untuk membantu meringankan rasa sakit pada persendian. Rajin mengonsumsi ciplukan dipercaya dapat mencegah atau bahkan menyembuhkan penyakit persendian.

5. Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Kandungan vitamin C di dalamnya akan berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas yang kemungkinan akan mengganggu kerja otak. Sehingga akan menjaga kemampuan konsentrasi, memori dan fokus terhadap sesuatu. Selain itu juga dapat mencegah alzheimer dan demensia.

6. Baik Untuk Jantung
Ciplukan kaya akan kandungan vitamin B1 atau thiamin, vitamin ini bertanggung jawab dalam produksi asetilkolin sebuah neurotransmitter yang mengirim pesan ke otot-otot dan saraf. Kekurangan vitamin B1 dapat menurunkan fungsi dari neurotransmitter yang menyebabkan denyut jantung tidak teratur. Kekurangan yang parah dapat menyebabkan gagal jantung.

7. Baik Untuk Mata
Kandungan vitamin A yang terdapat dalam ciplukan akan sangat baik untuk mata. Asupan yang selama diperoleh dari buah-buahan dan sayuran dapat digantikan atau dilengkapi oleh ciplukan.

0 Response to "Berbagai Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan dan Kebugaran"