Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

Manfaat dan Khasiat Petai Yang Luar biasa Membuat kita Ketagihan

Pete,petai, peteh atau dalam bahasa latinnya Parkia speciosa adalah tanaman yang sangat populer di asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan Laos. Berbagai macam nama dan sebutan untuk tanaman polong-polongan yang satu ini seperti, kacang pahit, kluster kacang, bau kacang, sator, sataw, yongchaak, serta zawngah.
image;flickr                   parkia speciosa

Buah yang akrab dengan baunya ini ternyata menawarkan berbagai kandungan serta manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Di dalam petai terkandung protein 4 kali lebih banyak dari buah apel, kemudian karbohidrat 2 kali, 3 kali fosfor, 5 kali vitamin A serta zat besi yang lebih besar dari apel. Oleh karena itu petai mampu mencegah atau bahkan menyembuhkan penyakit-penyakit seperti di bawah ini;

1. Depresi
Petai termasuk thryptopan, yaitu sejenis protein yang mengubah tubuh menjadi seretonin, sehingga membuat anda santai, mood meningkat serta menjadikan anda lebih nyaman.  

2. PMS (Premenstrual syndrome)
Kandungan vitamin B6 akan mengelola kadar gula darah, sehingga dapat mempengaruhi suasana hati anda.

3. Anemia
Sarat akan zat besi petai dengan mudah akan mendorong terciptanya hemoglobin dalam darah, dengan demikian akan mengatasi masalah anemia

4. Tekanan Darah tinggi
Buah polong berbau tajam ini kaya akan kandungan kalium dan rendah garam sehingga ideal untuk mengatur tekanan dalam darah. Bahkan AS telah mematenkan penggunaan petai sebagai salah satu bahan pembuatan obat untuk penyakit jantung dan stroke.

5. Menguatkan Otak
Penelitian telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi ini dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan daya ingat.

6. Sembelit
Petai kaya akan serat sehingga baik sekali untuk anda yang mengalami gangguan pencernaan tanpa harus meminum obat kemasan. Selain itu efek antasid dari petai akan meningkatkan fungsi dari pencernaan anda.

7. Obat Mabuk
Salah satu obat mabuk adalah milkshake petai yang dicampur dengan madu. Petai berfungsi menenangkan perut, susu sebagai penenang dan merehidrat tubuh dan madu akan mengurangi kadar gula darah anda.

8. Mulas
Petai memiliki efek antasid alami dalam tubuh, jadi ketika anda memiliki masalah dengan mulas maka mengosumsi petai akan membuat lega.

9. Morning sickness
 Mengonsumsi petai ketika makan atau menjadikannya lalapan akan mengatur kadar gula darah dan mencegah morning sickness pada wanita.

10. Gigitan nyamuk
Sebelum anda menggunakan krim untuk itu, cobalah mengusapkan atau memijatkan kulit petai bagian dalam pada area bekas gigitan nyamuk, hal ini akan mengurangi bengkak dan rasa sakit.

11. Saraf
Petai kaya kandungan vitamin B yang membantu kinerja sistem saraf pusat.

12. Kegemukan
Kemampuan petai mengatur kadar gula darah dipercayakan mampu membantu menurunkan berat badan.

13. Ulkus(penyakit dinding lambung)
Karena kemampuannya untuk menetralisir tingkat keasaman dan mengurangi iritasi dengan cara melapisi permukaan kulit lambung.

14. Pengontrol Suhu
Di Belanda wanita hamil mengonsumsi petai agar bayi yang dilahirkan memiliki suhu yang dingin. serta mengurangi suhu emosional dan fisik ibu hamil.

15. Ketergantungan Rokok
Kandungan vitamin B, B12, kalium dan magnesium membantu tubuh memaksimalkan dalam usahanya mengurangi nikotin.

16. stress
Kalium adalah mineral penting yang akan membantu menyetabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan juga mengelola keseimbangan air dalam tubuh. ketika kita cemas,tingkat metabolisme akan meningkat, sehingga mengurangi kadar potasium. Hal ini dapat dihindari dengan mengonsumsi petai yang mempunyai kadar kalium tinggi.

17. Stroke
Sebuah harian di Inggris mengungkapkan bahwa, mengonsumsi petai setiap hari akan mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke hingga 40%.  

18. Kutil
Ketika anda terkena kutil, jangan buru-buru pergi ke dokter atau memberinya obat macam-macam. Cobalah menempelkan petai pada kutil anda bisa ditutup dengan plester atau yang lain, dan rasakan manfaatnya..

19. Menyehatkan Mata dan Konsentrasi
Petai mengadung vitamin A yang cukup tinggi yaitu 200 IU per 100 gr. Serta sangat theraputic untuk menjaga kornea tetap sehat. Selain petai pisang juga tinggi akan kandungan kalium yang membuat konsentrasi lebih meningkat dan membantu merasa tenang.
source;https://www.healthbenefitstimes.com

Demikian khasiat dan manfaat dari petai...jika para pembaca ada manfaat lain bisa ditambahkan dikolom komentar.....trima kasih!

1 Response to "Manfaat dan Khasiat Petai Yang Luar biasa Membuat kita Ketagihan"

  1. Ternyata petai segudang manfaat,enak lagi.Tapi tidak bisa menghindar dari baunya.Mungkin ada yg punya tips untuk mengurangi bau,setelah makan petai.

    BalasHapus