Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

20 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Penyakit

Sirih atau Tanaman yang mempunyai nama latin Piper betle ini adalah tanaman yang tumbuh merambat pada pohon atau tanaman lain. Umumnya daun sirih dikunyah oleh para wanita lanjut usia, tanpa kita tahu apa manfaat dan kegunaannya. Berikut 20 khasiat dan manfaat daun sirih untuk penyembuhan berbagai penyakit; 
image;flickr

1. Analgesik
Daun sirih dapat berperan sebagai analgesik yang ampuh untuk menghilangkan rasa sakit. Misalnya, luka, memar , peradangan, dan lain-lain. Selain itu juga dapat mengobati penyakit siste pencernaan seperti sembelit dan mual. Caranya, cukup menumbuknya hingga halus atau di kunyah kemudian oleskan pada daerah luka. Atau juga dapat dibuat jus untuk pengobatan dari dalam.

2. Meringankan Sembelit
Daun sirih merupakan antioksidan, yang melawan radikal bebas dalam tubuh. Caranya cukup mengunyah daun sirih kemudian minum airnya dan buanglah ampasnya. Hal iniakan memberikan pertolongan pada sembelit anda.

3. Baik untuk Pencernaan
Daun sirih meningkatkan metabolisme tubuh sehingga memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap mineral penting dan nutrisi sehingga limbah akan keluar melalui sphincter(otot anal) dengan baik.

4. Menghilangkan nyeri lambung
Berbagai kandungan dalam daun sirih terutama antioksidannya akan membantu mengatasi GERD atau penyakit asam lambung.

5. Meningkatkan Nafsu Makan
Penurunan nafsu makan biasanya disebabkan oleh sakit perut. Tingkat PH yang normal akan memicu hormon lapar untuk disekresikan dalam jumlah yang optimal. Daun sirih sangat mampu memulihkan tingkat PH normal perut dengan membilas semua racun. Sehingga nafsu makan dan kesehatan akan meningkat. 

6. Meningkatkan Kesehatan Mulut
Daun sirih membantu menyegarkan nafas, melindungi dari kuman, bakteri dan patogen mulut lainnya. Ketika anda mengunyah daun sirih, akan membersihkan mulut, mencegah kerusakan gigi dan memperkuat gigi. Berkumurlah dengan satu gelas air yang telah bercampur dengan 2 tetes minyak daun sirih.

7. Mengatasi Masalah Pernapasan
Caranya, rebus beberapa lembar daun sirih, kapulaga, cengkeh, kemukus, dan kayu manis dalam 2 gelas air. Setelah airnya tinggal 1 setengah gelas saring dan minumlah sehari 3 kali. Hal ini akan memberikan pengobatan instan terhadap penyakit anda.

8. Sebagai Antiseptik
Daun sirih termasuk anti septik, karena kaya akan kandungan polifenol terutama chavicol.  Sehingga akan memberikan perlindungan ganda terhadap kuman. Serta dapat juga untuk mengobati peradangan seperti arhtritis dan orchitis.

9. Bersifat Anti-jamur
Jamur bisanya terdapat pada bagian tubuh yang lembab, dalam hal ini daun sirih akan menjadi pencegah jamur secara alami.

10. Mengobati Sakit Pinggang dan Nyeri Otot
Campurkan beberapa tetes minyak daun sirih atau daun sirih halus dengan beebrapa tetes minyak kelapa. Kemudian, oleskan pada punggung atau pinggang sambil memijat. Hal ini akan membuat anda nyaman, dan rileks.

11. Mengobati Susah Buang Air Kecil
Daun sirih adalah diuretik yang baik. Haluskan beberapa lembar daun sirih, kemudian campurkan dengan susu lalu minum. Hal ini akan menjadikan kencing anda menjadi normal kembali.

12. Menyembuhkan Luka dan Infeksi
Daun sirih termasuk penyembuh luka dan infeksi yang baik. Caranya, hancurkan beberapa lembar daun sirih, lalu tempelkan pada luka anda. Kemudian balut dengan perban/plester. Dalam 2 hari luka anda akan sembuh serta terhindar dari pertumbuhan mikroba yang merusak.

13. Meningkatkan Konsentrasi
Jika anda merasa lelah dan kurang konsentrasi maka daun sirih adalah obat yang tepat. Minumlah 1 sdt jus daun sirih dicampurkan dengan madu, lakukan 2 hari sekali sebagai tonik. Sehingga fungsi otak anda akan kembali normal, terhindar dari lemah, letih serta hilang konsentrasi. 

14. Mengobati Sakit Kepala
Untuk orang yang menderita sakit kepala daun sirih adalah obat yang baik karena berfungsi sebagai analgesik. Oleskan daun sirih kedahi/pelipis anda atau dapat juga dengan cara menggunakan minyak daun sirih.

15. Mengobati Jerawat dan Gangguan Kulit
Jika anda sedang berjerawat, flek hitam, alergi, gatal-gatal, bau badan dan lain-lain maka gunakanlah daun sirih untuk mengatasinya. Caranya, haluskan beberapa lembar daun sirih, kemudian campurkan dengan sedikit kunyit, lalu oleskan pada area yang terkena penyakit, lakukan hal ini sampai penyakit anda sembuh. 
Bisa juga dengan cara merebus beberapa lembar daun sirih lalu gunakan airnya untuk mencuci wajah dan kulit, lakukan secara rutin. Sifat daun sirih yang anti mikroba dan anti septik akan mengobati dan mencegah penyakit kulit anda.

16. Mengobati Penyakit Telinga
Sakit di bagian telinga terkadang memang menyakitkan, hal ini bisa disembuhkan dengan cara haluskan beberapa lembar daun sirih ,lalu campurkan dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian teteskan ditelinga anda sekitar dua tetes. Hal ini akan menjadi pengobatan pertama untuk sakit anda.

17. Membersihkan Vagina
Untuk wanita yang menderita keputihan dan gatal-gatal di area vagina maka daun sirih adalah obat herbal yang baik. Rebuslah beberapa lembar daun sirih lalu gunakan airnya untuk mencuci daerah vagina lakukan secara rutin untuk hasil maksimal. Di beberapa negara daun sirih juga digunakan untuk mengembalikan kondisi vagina pasca melahirkan.

18.  Mencegah Bau Badan
Daun sirih dapat membantu menghilangkan bau badan. Haluskan beberapa lembar daun sirih kemudian masukkan ke dalam bak mandi anda atau bisa juga beberapa tetes minyak ekstrak  daun sirih. Bisa juga dengan meminum air rebusan daun sirih dicampur dengan sedikit gula. Dengan demikian hal ini akan menjadikan anda segar serta bau badan andapun hilang.

19. Menghentikan Mimisan
Banyak anak kecil biasanya setelah bermain di terik matahari akan megalami mimisan. Dengan menggulung selembar daun sirih kemudian masukkan kelubang hidung anda, tinggu sekitar 30 menit mimisan akan segera reda.

20. Menyegarkan nafas dan peradangan
Daun sirih dapat berfungsi untuk menyegarkan nafas, melindungi dari kumandan bakteri serta dapat juga mencegah pendarahan pada gigi dan gusi anda. Caranya, campurkan daun sirih yang telah ditumbuk/minyak ekstrak daun sirih kedalam segelas air hangat gunakan untuk berkumur setiap pagi dan malam hari, dan rasakan manfaatnya. Selain itu kandungan fenolnya akan mampu mengobati dari penyakit peradangan seperti, arthritis dan orchitis.      

sumber; http://www.stylecraze.com
Obat herbal ternyata murah dan mudah didapat, salah satunya adalah daun sirih yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jika agan-agan mempunyai manfaat alain dari daun sirih bisa juga ditambahkan pada kolom komentar...!

0 Response to "20 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Penyakit"