Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

Manfaat Batang Serai Untuk Kesehatan

image:flickr

Serai atau lemon grass adalah tanaman yang sangat populer sebagai salah satu bumbu dalam masakan, khususnya yang mengandung ikan dan daging. misalnya, kari, semur, sup dll. Dalam dunia medis serai telah digunakan sejak dahulu untuk mengobati penyakit seperti, demam, diare, kanker, dan penurun kolesterol.

Serai Untuk mengobati Jantung dan Diabetes
Serai telah digunakan sebagai bahan untuk mengobati penyakit jantung dan diabetes secara tradisional. Ada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh, Journal of ethnopharmarcology  pada tahun 2007 melihat dampak efek pemberian serai untuk tikus. Setelah 42 hari mengonsumsi 125-500 miligram serai perhari, membuat kolesterol membak dan tingkat gliserida menurun. Ini berarti bahwa serai dapat mengobati diabetes dan jantung, namun demikian masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Mencegah Kanker
Serai megandung antioksidan seperti, asam caffeic, asam chlorogenic, dan isoorienthin yang dapat menghentikan radikal bebas. Menurut penelitian yang dipublikasikan "Journal of Agricultural and Food Chemistry" bahwa mengonsumsi serai dapat menghambat dan mencegah kanker.

Menyembuhkan Malaria
Malaria disebabkan oleh parasit yang menular ke manusia melalui nyamuk. Jika tidak segera diobati bisa semakin parah dan bahkan menyebabkan kematian. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh "Planta Medika"menyebutkan bahwa minyak esensial serai dapat menurunkan malaria pada tikus 62 sampai 87%. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menggunakan serai sebagai obat malaria untuk manusia.
Walaupun serai memiliki banyak manfaat, ternyata serai juga kurang baik buat hati jika dikonsumsi terlalu banyak, dan untuk ibu hamil.

0 Response to "Manfaat Batang Serai Untuk Kesehatan"