Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

17 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Tomat sangat familiar bagi masyarakat, disetiap masakan hampir pasti ia hadir di dalamnya, seperti soto, rawon, sate, salad dan lain-lain. Tidak mengherankan memang jika tomat selalu menghiasi setiap masakan. Alasan mengonsumsi tomat ada bemacam-macam ada yang karena rasanya, ikut-ikutan atau memang tahu manfaatnya. 

solanum lycopersium


Berikut 17 manfaat buah tomat untuk kesehatant:

1. Sebagai Makanan wajib(filling food)
Tomat memiliki kandungan air yang tinggi, oleh karena itu tomat sangatcocok dimakandalam berbagai situasi. Kandungan air yang tinggi akan membuat kulit anda akan membuat kulit anda tetap sehat dan berkilau.

2. Sebagai sumber vitamin dan gizi
Tomat menyediakan hampir 20% vitamin asupan harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini berarti sudah memenuhi syarat membuat tubuh menjadi sehat.

3. Mengontrol denyut jantung
Kandungan kalium yang tinggi sekitar 237 mg akan membantu mengontrol denyut jantung dan membantu dalam mencegah penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah penyakit mata.
Kandungan vitamin A, flavonoid B komplek, tiamin, folat, niacin dll yang ada dalam tomat akan membantu penyembuhan penyakit kulit dan mata.

5. Menjaga dari penyakit darah tinggi.
Mineral dan nutrisi membantu mencegah kita dari penyakit darah tinggi dan kolesterol.

6. Bagus untuk tulang dan gigi
Adanya kalsium sangat bagus untuk meningkatkan kekuatan tulang dan pembentukan tulang dalam tubuh. termasuk juga menjaga kekuatan gigi.

7. Melindungi dari radikal bebas
Antioksidan flavonoid seperti lycopene, zeaxanthin terkenal sangat baik melawan radikal bebas dalam tubuh.

8. Anti-kanker
Kandungan antioksidan dalam sayur ini membantu mencegah banyak reaksi yang tidak diinginkan oleh paru-paru, usus besar dan payudara yang dapat yang dapat menimbulkan kanker. antioksidan membantu dalam pengobatan kanker dan mencegah reaksi karsiogenik dalam tubuh dengan cara menghalangi radikal bebas untuk bekerja.


9. Memperbaiki sel dan membentuk otot.

Tomat sebagai sumber protein alami yang baik dalam perbaikan sel dan pembentukan otot.


10. Rendah Lemak

Dengan kandungan 4 gram karbohidrat, 1 gram protein, 18 kalori dan 0 gram lemak jenuh, maka sayuran ini sangat baik bila dimakan dalam berbagai menu masakan.

11. Menurunkan Kolesterol
Dalam biji tomat tidak terdapat kolesterol, tetapi kaya akan serat. Serat telah dikenal sebagai penurun kolesterol. Biji tomat juga merupakan sumber yang kaya niacin(vitamin B3). Vitamin telah digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol selama bertahun-tahun.

12. Menurunkan Tekanan Darah
Biji tomat mengandung antioksidan yang disebut lycopene. Hal ini mendorong menurunka sistolik(batas atas) dan diastolik (bawah bawah) sekitar 5 persen.

13. Mencegah Penggumpalan darah
Biji tomat diselimuti oleh lendir yang disebut fruit low. Fruit low dan lycopene sangat baik untuk membuka dan mencegah pembekuan darah. Karena pembekuan darah adalah salah satu penyebab penyakit jantung pada saat ini.

14. Anti peradangan
Radikal bebas dapat mengaktifkan senyawa inflammasi yang bisa memicu terjadinya penyakit kronis seperti, astheroklerosis, osteoporosis, alzheimer dan kardiovaskuler. Oleh karena itu kandungan lycopene dan beta-karotene berfungsi membasmi radikal bebas.

15. Mencegah Asidosis(kadar PH darah lebih rendah dari normal).
Tubuh manusia dirancang untuk memiliki kadar PH 7,365. Namun, pola makan yang tidak teratur maka bisa jadi tidak memenuhi angka tersebut. Untuk menyeimbangkannya diperlukan kalsium, kalium, magnesium dan natrium.  Biji tomat membantu menyeimbangkan PH darah yang dibutuhkan.

16. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Biji dan Daging tomat telah dikenal sebagai alat untuk meningkatka kekebalan/immunitas tubuh. Seperti mencegah timbulnya pilek dan influenza, terutama untuk laki-laki. Kekurangan karoteneid menjadi penyebab timbulnya penyakit ini. Kandungan lycopene dan beta-karotene merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

17. Menjaga kondisi penglihatan
Tomat juga mengandung vitamin A, yang sangat di butuhkan untuk organ penglihatan. Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan kebutaan di malam hari.

0 Response to "17 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan"