Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

8 Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan

Bunga mawar telah digunakan orang sebagai bahan penyambuh atau obat selama berabad-abad yang lalu. Ini terbukti dengan adanya temuan fosil bunga mawar di amerika. Kelopak bunga dari bunga ini menjadi bahan utama pembuatan teh mawar, minyak bunga mawar dan lain-lain. Umumnya oramg menggunakan mawar sebagai obat untuk mengobati, pencernaan dada, nyeri perut, pendarahan atau menstruasi.  Selain itu juga untuk mengobati peradangan dan batuk. Ada juga yang memanfaatkan minyaknya untuk menghilangkan, depresi, kecemasan, kesedihan dan masalah mental lainnya.
image;flickr
Hal tersebut cukup beralasan memang, mengingat kandungan dari bunga mawar yang terdiri dari vitamin C, polyfenol, quercetin, asam ellagic. Polifenol merupakan antioksidan alami yang mampu memperbaiki kerusakan sel, melindungi tubuh dari penyakit jantung, tulang rapuh dan kanker.

1. Menyehatkan Rambut dan Kulit serta menyembuhkan jerawat
Bunga mawar kaya akan kandungan vitamin C, ada yang mengatakan bahwa kandungan vitamin C 1 cangkir teh bunga mawar setara dengan 60 buah jeruk. Namun belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan tentang hal tersebut. Meminum teh bunga rose ini secara rutin akan menghambat penuaan dini seperti keriput dan kulit kendur. Teh bunga mawar membantu meningkatkan produksi kolagen, yang merupakan protein penting bagi kulit dan rambut kita.
Kelopak mawar bersifat anti-bakteri dan anti inflammasi yang efektif mengobati kulit dari jerawat sehingga menjaga kulit tetap sehat. Inilah alasan mengapa banyak produk kesehatan kulit mengandung minyak mawar di dalamnya.

2. Memperbaiki sistem pencernaan
Teh mawar dapat memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan dan menjaganya. Bunga mawar membantu merangsang produksi empedu tubuh sehingga akan membantu perut mencerna makanan secara efektif. Selain itu juga bisa mengobati sembelit, diare dan berbagai masalah perut lainnya.

3. Mengobati Nyeri Haid
Di Taiwan ada sebuah penelitian terhadap 130 remaja perempuan dan dilakukan selama 6 bulan menunjukkan bahwa minum teh bunga mawar pada waktu haid dapat mengurangi nyeri haid, kesusahan dan kecemasan. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi teh mawar ini karena merupakan pengobatan yang aman, efektif, dan sederhana untuk nyeri haid.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C yang ada dalam mawar akan menjadi antioksidan yang baik untuk tubuh, sehingga akan menjaga tubuh  terhindar dari penyakit flu, demam dan pilek

5. Mencegah sakit tenggorokan
1 cangkir teh mawar akan menyembuhkan sakit tenggorokan serta menghilangkan influenza, hidung tersumbat dan meler. Kandungan vitamin C pada teh akan melawan infeksi dan meredakan nyeri pada tenggorokan. Untuk hasil maksimal tambahkan madu pada teh mawar anda.

6. Mengobati infeksi saluran kemih
Teh Bunga mawar adalah diuretik alami yang memperbaiki frekuensi dan jumlah air kencing. Terlebih lagi sifatnya yang antibakteri dan antioksidan akan menjadi penyembuh ringan yang efekti untuk infeksi ringan dan saluran kemih. Ada sumber yang mengatakan teh ini juga mampu menghancurkan batu ginjal.

7. Menghilangkan Stress dan Kecemasan
Setelah capek bekerja seharian biasanya juga mengakibatkan stres, cemas dan depresi pada pikiran. Hal itu adalah sesuatu yang umum terjadi. Dengan meminum teh bunga mawar pikiran akan menjadi tenang, santai dan bahkan anda akan memiliki tidur yang indah dan sehat.

8. Membantu menurunkan berat badan
Minum 2 kali sehari akan membuat anda selalu merasa kenyang. Cara kerja dari teh bunga mawar adalah mirip dengan teh hijau yaitu tidak mengandung kalori dan mampu menahan lapar. Cara membuatnya cukup pisahkan kelopak bunga mawar dari tangkainya dan rebus beberapa menit, setelah dingin minum airnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, Jika rekan-rekan mempunyai manfaat lain bunga silahkan ditambahkan di kolom komentar, trmksh...!

0 Response to "8 Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan "