Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

28 Manfaat Buah dan Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut

Buah sirsak telah dikonsumsi manusia sejak berabad-abad lamanya. Buah yang berasal dari amerika selatan ini memiliki berbagai kandungan atau nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa, ektrak buah sirsak mampu membunuh sel kanker 10.000 kali lebih ampuh dari kemoterapi. Selain buah, daun, juga bijinya juga dapat digunakan untuk mengobati jenis penyakit tertentu.
image:flickr

Berikut beberapa manfaat dari buah sirsak;

1. Membunuh sel kanker
Daun sirsak telah terbukti mampu membunuh 12 jenis kanker, jadi hal ini akan mengamankan organ anda, seperti; payudara, prostat, paru-paru dan pankreas. Selain itu daun sirsak tidak mempunyai efek samping seperti kemoterapi seperti, rambut rontok, mual, berat badan turun dan lain-lain. Dan yang paling luar biasa adalah 10.000 kali lebih efektif dari kemoterapi dan adriamycin dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker.
Caranya rebuslah 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan kurang lebih 3 gelas air minum. Setelah itu tunggu kira2 airnya tinggal 1 gelasan. Minumlah 2 kali sehari 1 gelas perminum, lakukan kira-kira selama 2 mingguan. Lalu lihat hasilnya.

2. Mencegah osteoporosis
Buah sirsak mengandung kalsium dan fosfor sehingga memungkinkan membuat tulang kuat dan sehat.


3. Mempertahankan kekebalan tubuh

Kandungan fruktosa dan monosacharide yang tinggi serta karbohidrat alami akan membantu mempertahankan energi dan kesegaran tubuh. Selain itu kandungan vitamin C dalam buah ini juga akan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Bermanfaat untuk jantung mencegah gangguan saraf
Vitamin B1 dalam sirsak bermanfaat dalam metabolisme, sirkulasi darah dan mencegah gangguan saraf. Selain itu juga mengandung Vitamin B2 yang  penting untuk produksi energi tubuh, penyimpanan lemak, fungsi sistem saraf, dan pemeliharaan otot jantung.

5. Mengobati diare pada bayi
Peras buah sirsak sehingga akan keluar airnya, kemudian berikan kepada bayi 2-3 sdm.

6. Mengobati penyakit wasir
Mengonsumsi buah sirsak atau minum air perasan buah sirsak 2 kali sehari diyakini dapat menyembuhkan penyakit wasir.


7. Meredakan sembelit

Kandungan serat larut dan tak larut akan mengurangi sembelit dan menambah massa tinja sehingga akan memfasilitasi eliminasi mudah dari tubuh.


8. Diuretik alami

Dengan 84% air didalamnya yang menghidrasi tubuh anda. Sehingga bertindak sebagai diuretik alami yang mengobati edema atau retensi air.


9. Menyenyakkan tidur

Buah sirsak mengandung zat yang disebut tryptophan yang dapat membuat tidur lebih nyenyak dan terasa tenang. Sehingga baik sekali digunakan untuk mengatasi insomnia. Selain itu buah sirsak juga berguna untuk mengontrol tekanan darah dan hipertensi.


10. Mengobati infeksi saluran kemih

Dengan kandungan airnya yang tinggi, sirsak juga mampu mengobati infeksi saluran kemih, uretritis, hematuria.


11. Membunuh parasit dalam tubuh

Sirsak kaya akan nutrisi yang akan membantu perkembangan metabolisme tubuh. Nutrisi seperti asam amino, asam askorbat, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, tiamin, serat, riboflafin, dapat menghambat parasit dalam tubuh.


12. Kaya Vitamin C

Buah sirsak kaya kandungan vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik sehingga akan membantu ketahanan tubuh dan menghambat proses penuaan.

13. Memerangi radikal bebas
Asam askorbat dalam sirsak membantu meningkatkan antioksidan dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam memerangi radikal bebas dengan demikian menjaga sejumlah infeksi dan gangguan.


14. Meredakan rasa sakit

Daun dari sirsak diyakini mengandung analgesik yang mampu menghilangkan rasa sakit. Hancurkan beberapa lembar daun sirsak, kemudian tempelkan pada luka anda. Untuk sakit sakit lebih parah bisa diatasi dengan meminum air rebusan daun sirsak.

15. Menyembuhkan sariawan
Hancurkan beberapa lembar daun sirsak masukkan ke air yang mendidih, setelah dingin pakailah airnya untuk berkumur, lakukan secara rutin.

16. Menurunkan demam
Dan sirsak dapat diolah menjadi teh, yang dapat menurunkan demam anda. Di afrika ada metode pengobatan dengan memasukkan beberapa lembar daun teh untuk mandi yang bertujuan menurunkan demamnya.

17. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Daun sirsak mengandung zat seperti, acetogenins, anncatacin, annocatalin, annonacin, annohexocin, annomuricin, annomurine, annol, asam gentistic, asam linoleat, muricarpentocin, yang memungkinkan tubuh kita tetap fit dan meningkatkan kekebalan dari berbagai penyakit.


18. Anti Hipertensi

Sirsak memiliki kandungan kalsium 278mg/100g serta Natrium 14mg/100g yang memungkinkan bermanfaat bagi penderita hipertensi.

19. Antiseptik
Ramuan yang terbuat dari pucuk daun muda dan bunganya dapat menjadi obat alami untuk, empedu, batuk, radang selaput lendir hidung, demam dan gangguan pencernaan. Selain itu juga dapat menyembuhkan sembelit, asam urat serta meningkatkan nafsu makan.


20. Mengobati nyeri punggung

Minumlah air seduhan daun sirsak atau teh daun sirsak setiap hari untuk mengobati sakit punggung anda.

21. Mengurangi arthritis dan rematik
Caranya cukup celupkan kain / handuk tipis ke dalam teh hangat daun sirsak. Kemudian tempelkan di daerah yang rematik, diamkan beberapa saat. Setelah itu ambil handuknya. Lakukan secara rutin sampai sembuh.


22. Membantu mengontrol diabetes

Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun sirsak dapat mempertahankan kadar gula dalam darah. Hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang menderita sakit diabetes tipe 2


23. Baik untuk Liver

Teh daun sirsak juga dikenal sebagai tonic hati. Karena kemampuannya meringankan penyakit hati dan melindungi hati. Sehingga efektif untuk mengobati penyakit batu empedu dan penyakit empedu lainnya.

Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan Kulit
24. Menyembuhkan Bisul
Jika anda tekena bisul atau penyakit sejenisnya, bisa disembuhkan dengan cara menempelkan beberapa lembar daun sirsak pada daerah yang terkena, hal ini diyakini dapat menyembuhkannya.

25. Menyembuhkan luka
Tempelkan daging buah sirsak pada daerah yang terluka, biarkan beberapa hari. untuk peradangan atau bengkak pada kaki  bisa dengan cara  direndam pada air rebusan daun sirsak.

26. Mengobati Eksim
Tumbuk daun sirsak lalu tempelkan pada kulit yang terkena eksim atau sejenisnya. Minum jus sirsak dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kusta.

27. Anti Penuaan
Sirsak kaya akan vitamin C dan asam akorbat yang meningkatkan jumlah antioksidan yang berperan melawan radikal bebas yang akan merusak kulit dan menimbulkan penuaan(garis halus, pigmentasi dan keriput).

Manfaat Sirsak Untuk Rambut
Selain bermanfaat untuk menyehatkan dan menguatkan kondisi rambut karena kandungannya, buah sirsak juga ampuh untuk mengobati kutu rambut;

28. Mengusir Kutu
Daun sirsak bersifat antiparasit, dengan demikian hal ini sangat efektif untuk mengusir atau membunuh kutu dirambut kepala. Kutu terkenal sangat cepat berkembang biak, sehingga harus dihentikan dengan ramuan daun sirsak ini.  

Penting......!
*IBU HAMIL DAN MENYUSUI DILARANG MENGONSUMSI
*UNTUK PENGUNAAN BERLEBIH DAPAT MENIMBULKAN KERUSAKAN SARAF

0 Response to "28 Manfaat Buah dan Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut"