Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

Manfaat Buah Jeruk Nipis Yang Luar Biasa

Jeruk nipis atau dalam bahasa latinnya Citrus Aurantifolia ini telah digunakan manusia selama berabad-abad untuk berbagai macam kebutuhan. Misalnya sebagai, minuman, selai, acar, kosmetik, pencuci mulut, dan masih banyak produk-produk yang lain. Hal ini cukup beralasan karena memang kandungan dalam jeruk nipis tersebut yang mempunyai manfaat dalam kemaslahatan umat manusia.
image;flickr
Berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk penyembuhan berbagai penyakit; 



1. Obat Kudis

Jeruk nipis sangat bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit kudis. Sebuah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan kurangnya kebersihan. Penyakit ini biasanya ditandai bibir pecah-pecah, gusi bengkak dan berdarah.


2. Perawatan Kulit

Air jeruk nipis juga bermanfaat terhadap untuk kesehatan kulit kita, bisa dioleskan pada kulit atau melalui perawatan dari dalam. Kandungan vitamin C dan Flavonoid merupakan antioksidan yang akan membuat kulit anda tampak muda, bersinar dan terhindar dari infeksi dan bau. Selain itu juga bisa menyembuhkan memar-memar, menghilangkan ketombe dan sel kulit mati.


3. Baik Untuk pencernaan

Senyawa flavonoid akan merangsang sistem pencernaan bekerja dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan,empedu dan asam.


4. Mengatasi Sembelit

Kandungan asam yang ada dalam jeruk nipis merupakan obat mujarab untuk sembelit.


5. Mencegah penyakit diabetes

Serat larut yang terkandung dalam jeruk nipis mengontrol penyerapan gula dalam aliran darah, sehingga hal ini akan mengatasi lonjakan gula dalam darah yang merupakan penyebab penyakit diabetes.


6. Mencegah penyakit jantung

Serat larut juga bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga akan mengurangi peradangan pada pembuluh darah yang memicu timbulnya serangan jantung dan stroke.


7. Menyembuhkan luka pada lambung

Selain vitamin C, senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan, antikarsinogenik, antibiotik dan detoksifikasi yang merangsang penyembuhan lambung dan sariawan.


8. Melancarkan saluran pernapasan

Kemampuan flavonoid memang luar biasa, dengan menghirup ektrak minyak jeruk nipis atau menggaruk kulit dari jeruk nipis akan melegakan dan menyegarkan pernapasan anda.


9. Menyembuhkan asam urat

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis akan membantu penyembuhan penyakit asam urat. Selain itu juga jeruk nipis bersifat anti inflammasi atau anti peradangan.


10. Membantu perawatan mata

Vitamin C memang mempunyai berbagai manfaat sebagai anti oksidan, termasuk dalam melindungi mata dari penuaan dan degenerasi makula dan flavonoidnya yang melindungi dari infeksi.


11. Mengatasi demam 

Air jeruk nipis dapat menurunkan demam sedang sampai tinggi sekalipun. Jika anak anda mengalami demam, buatkanlah jus jeruk nipis. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi.


12. Menyembuhkan penyakit kolera

Penyakit yang berhubungan erat dengan tiphus dan disentri ini bisa dikatakan telah berkurang keberadaannya. Ada sebuah penelitian yang menyebukan bahwa, pada tahun 1994 jeruk nipis adalah salah satu obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit kolera di guinnea-bissau afrika.


13.  Menurunkan berat badan

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis ternyata,juga berfungsi sebagai pembakar lemak yang baik. Minum 2 gelas jus jeruk nipis akan sangat membantu menurunkan berat badan anda.


14. Mengatasi gangguan saluran kemih

Sifat desinfektan pada jeruk nipis akan membantu menghilangkan zat beracun yang mengendap pada ginjal dan kandung kemih.

0 Response to "Manfaat Buah Jeruk Nipis Yang Luar Biasa"