Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

Manfaaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Rambut

Tanpa kita sadari ternyata banyak produk shampoo dan kondisioner yang menggunakan tomat sebagai bahannya. Hal ini cukup beralasan karena tomat mengandung nutrisi seperti vitamin A,B,C, dan E yang sangat baik untuk kesehatan rambut.
image:pixabay
Berikut beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan rambut;

1. Sebagai kondisioner
Tomat dapat berfungsi sebagai kondisioner alami rambut anda. Hal ini akan membuat rambut anda bersinar secara alami, lembut dan mudah diatur.
Oleskan beberapa tetes minyak tomat pada rambut anda secara merata, hal ini akan membuat kulit anda mudah untuk diatur dan anti kusut.

2. Mengatasi rambut rontok
Tomat dianggap sebagai obat yang sangat baik untuk rambut rontok. Dengan secara rutin mengoleskannya pada kulit kepala akan dapat mencegah rambut rontok.

3. Mengembalikan warna alami rambut
Berenang terlalu sering dapat mengubah warna rambut anda, ini karena tingginya jumlah klorin yang ada dalam air kolam. Buah tomat dapat mengembalikannya seperti warna alaminya. Oleskan jus tomat pada rambut diam selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air, setelah itu keramasilah dengan shampoo dan kondisioner.

4. Membuat rambut lembut, ringan dan bercahaya
Campurkan bubur tomat dan minyak tomat, kemudian oleskan pada rambut anda.  Diamkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Hal ini akan membuat rambut anda lembut, mengkilat dan mudah diatur.

5. Menjaga kelembaban 
Kelembaban kulit kepala sering hilang pada saat musim dingin, hal ini akan membuat rambut menjadi rapuh dan rusak. Dalam hal ini tomat sangat diperlukan untuk menjaga kondisi rambut anda.

6. Menghilangkan bau rambut
Oleskan jus tomat pada kulit kepala dan pijatlah rambut anda selama beberapa menit. Kemudian, diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas sampai bersih.

7. Menjaga kondisi kulit kepala.
Caranya; Buanglah kulit dan biji tomat, kemudian haluskan dagingnya. Lalu, semprotkan jus tersebut pada rambut dan kulit kepala. Diam selama satu jam, kemudian cuci hingga bersih.

8. Menghilangkan Gatal dan Ketombe
Kulit kepala gatal dan ketombe dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti eksim dan psoriasis kulit kepala. Tomat mengandung vitamin C yang tinggi dan berfungsi memberikan kolagen untuk pengembangan jaringan yang tepat pada kulit kepala.
Ambil 2 atau 3 buah tomat, lalu haluskan hingga membentuk bubur. Kemudian, tambahkan 2 sdm jus lemon dan aduk hingga menyerupai pasta. Oleskan secara merata pada kulit kepala dan jangan sampai menggaruk kulit kepala dengan kuku. Biarkan selama 30 menit, kemudian cuci hingga bersih dan biarkan sampai kering.

Semoga tips ini bermanfaat buat kita semua,,,,jika sodara2 mempunyai manfaat lainnya boleh ditambahkan.!

0 Response to "Manfaaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Rambut"