Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

6 Manfaat Biji Buah Jarak untuk Kesehatan Mata

Minyak jarak adalah minyak nabati yang diperoleh dari proses ekstraksi dari biji buah jarak. penggunaan minyak jarak untuk kehidupan manusia dimulai oleh bangsa Mesir kuno sekitar 4000 tahun sebelum masehi yang menggunakannya untuk minyak lampu. Selain itu Bangsa Mesir menggunakan minyak jarak sebagai saleb, bahkan ada mitos bahwa Cleopatra menggunakan minyak jarak untuk memutihkan matanya. Pada abad ke-17 minyak jarak mulai menyebar ke Amerika dan Eropa.
Jathropa Curcas/Jarak Pagar

Reputasi minyak jarak untuk kemaslahatan manusia memang sudah tidak diragukan lagi, bahkan selebritis sekelas Angelina Jolie dan Britney Spears menggunakan minyak ajaib ini. Di bawah ini beberapa khasiat minyak jarak, khususnya untuk kesehatan mata;

1. Menyembuhkan Mata Kering.
Minyak jarak adalah obat yang sangat baik untuk mata kering anda. Jagalah mata anda selalu dalam keadaan lembab, sebab mata yang kering bisa masalah yang serius seperti keratoconjunctivitissicca.

2. Sebagai treatment katarak.
Minyak jarak terkenal efektif dalam mengobati penyakit ini. Teteskan minyak jarak pada malam hari sebelum tidur, sampai mata anda sembuh dari katarak. Biasanya proses ini akan memakan waktu sekitar 2-6 bulan. Tidak dianjurkan menggunakan minyak jarak untuk mandi.

3. Menyembuhkan Peradangan.
Apabila anda mengalami peradangan disekitar kelopak mata sebaiknya diolesi dengan minyak biji jarak. Selain itu juga akan membantu mengurangi rasa panas, bengkak, dan kemerahan pada saat anda mengalami peradangan.

4. Memperbaiki Alis dan Bulu mata.
Merangsang pertumbuhan Alis dan Bulu mata. Jadi alis dan bulu mata anda akan lebih tebal dan sehat. Oleskan minyak jarak di sekitar alis dan bulu mata, secara rutin akan menjaga kondisinya. Selain itu juga akan menjaga iritasi di sekitar mata.

5. Mencegah Lingkaran hitam dan Keriput pada mata.
Berikan pijatan kesekitar mata dengan menggunakan minyak jarak untuk menjaga kulit tetap halus dan lembut. Hal ini juga akan membantu mencegah lingkaran hitam dan keriput pada mata. Sirkulasi darah yang didorong dengan minyak ini akan membuat kulit menjadi mulus dan menghambat kulit keriput disekitar mata.

6. Mencegah Infeksi Mata
Minyak jarak mempunyai kemampuan melawan bakteri. Teteskan minyak jarak pada mata untuk menembuhkan infeksi pada mata anda karena bakteri seperti conjuctivitis. Selain aman, minyak jarak juga akan memberikan manfaat lain pada mata anda.
Demikianlah beberapa manfaat buah atau biji jarak semoga bermanfaat..!

0 Response to "6 Manfaat Biji Buah Jarak untuk Kesehatan Mata"